ENTREPRENEUR VS BUSINESS OWNER

Kata Entrepreneur beberapa tahun belakangan ini menjadi trending topic dan highlight di dunia bisnis. Entrepreneur seringkali dikaitkan dengan kata muda, inovasi, risk taker, namun apakah arti sebenarnya dari seorang Entrepreneur? Lalu apa bedanya dengan mereka yang disebut sebagai pebisnis (pemilik bisnis) ?

KBBI mendefinisikan wirausahawan (terjemahan dari entrepreneur) adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya.

en·tre·pre·neur (dalam bahasa inggris) berarti  :

a person who organizes and operates a business or businesses, taking on greater than normal financial risks in order to do so.

Business Owner (Pemilik usaha/Pebisnis) adalah orang yang mendirikan usahanya baik itu secara resmi berbadan hukum atau tidak, dimana tujuan utama dari usahanya tersebut adalah memperoleh keuntungan.

Sedangkan Entrepreneur adalah orang yang mendirikan dan menjalankan usaha/bisnisnya dimana dia lebih berani dalam mengambil langkah-langkah dan terobosan-terobosan untuk mengembangkan bisnisnya tanpa takut akan resiko karena tujuan utamanya adalah bukan pada keuntungan.

Secara garis besar, beginilah karakteristik antara Business Owner dengan Entrepreneur :

$

Business Owner biasanya memiliki sebuah ide yang besar, Entrepreneur memiliki banyak ide-ide besar.

$

Bagi Business Owner/Pebisnis mereka cenderung lebih steady, mereka akan menganalisa sesuatu hal, berusaha menemukan penyebab (Why) kenapa hal tersebut terjadi, mengkalkulasi dan mempertimbangkan segala sesuatunya sehingga mereka juga siap untuk bergerak maju meskipun keuntungan belum tentu dapat terealisasi. Sedangkan Entrepreneur sangat menyukai resiko, mereka bersemangat akan peluang bisnis di depan mereka meskipun itu beresiko, mereka tidak akan menyia-nyiakan kesempatan itu tetapi mereka akan memberikan best effort mereka kepada apa yang mereka yakini tersebut.

$

Seorang Business Owner akan memikirkan apa yang mereka akan mereka selesaikan di minggu ini, semua sudah tersusun dan terprogram, sedangkan Entrepreneur sudah menyusun strategi dan rencana-rencana besar mereka di 6 bulan ke depan.

$

Seorang business owner akan sangat sentimental kepada bisnis yang mereka jalani, inilah yang menyebabkan mereka lebih “membatasi” diri terhadap resiko, sedangkan Entrepreneur berpikir akan skala, karena mereka menyukai resiko maka mereka berfokus pada pengembangan terlebih dahulu bukan kepada keuntungan.

Melihat karakteristik di atas, jadi sekarang kita mengetahui apa bedanya Business Owner dengan Entrepreneur. Namun baik itu Business Owner maupun Entrepreneur, mereka sama-sama memiliki peluang untuk sukses. Berikut adalah karakteristik dari seorang Pebisnis maupun Entrepreneur yang sukses :

$

Berani mengambil resiko

$

Memiliki keinginan yang kuat untuk sukses

$

Fokus pada pencapaian akan target mereka

$

Percaya diri dan Antusias

$

Mereka memotivasi diri mereka sendiri

$

Flexbilitas, mereka dapat beradaptasi terhadap perubahan

$

Mampu menggunakan networking mereka dengan bijak

$

Kemampuan memisahkan perihal bisnis dengan kehidupan pribadi

$

Melakukan Investasi untuk diri mereka dalam pengetahuan dan teknologi

$

Mereka menjalankan bisnis mereka dengan passionate, dengan semangat dan dengan misi yang jelas

Melihat penjelasan di atas, maka setiap orang dapat memiliki kesempatan untuk sukses apakah sebagai business owner ataupun sebagai entrepreneur, selama karakteristik sukses ada di dalam diri orang tersebut.

(Text by Infinite Billionaire)

WA